Main Menu

Selamat datang di Agung Blogger <> Welcome To Agung Blogger

Jumat, 12 Oktober 2012

TEORI ASAL USUL BANGSA INDONESIA

Dari mana asal usul manusia dan masyarakat Indonesia masih terdapat pendapat yang berbeda.

Berikut pendapat-pendapatnya :

1. H. Kern menyatakan bahwa bangsa indonesia berasal dari Asia yaitu campa, Chocin China. Kern menyimpulkan pendapatnya berdasarkan bahasa yang digunakan masyarakat awal Indonesia yang berasal dari bahasa Austronesia.

2. Moh. Ali menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan.  Pendapat ini dipengaruhi oleh pendapat Mens yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Mongol yang terdesak oleh bangsa-bangsa yang lebih kuat. Mereka berasal dari daerah hulu-hulu sungai besar Asia yang datang ke kepulauan Indonesia secara bertahap. Tahap pertama datang dari tahun 3.000 - 1.500 SM dengan perahu bercadik satu dan tahap kedua dari tahun 1.500 - 500 SM dengan perahu bercadik dua.

3. N.J. Kroom menyimpulkan bahwa asal usul bangsa Indonesia dari daerah Cina Tengah, karena di daerah ini terdapat banyak sungai besar yang menjadi sumber penghidupan masyarakat. Mereka menyebar ke kepulauan Indonesia kira-kira dari tahun 2.000 - 1.500 SM.

4. Moh. Yamin memiliki pendapat yang berbeda dari pendapat-pendapat yang ada di atas. Ia menyimpulkan bahwa asal usul bangsa Indonesia dari Indonesia sendiri. Bahkan bangsa-bangsa lain mendiami wikayah Asia ada yang berasal dari Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar