Main Menu

Selamat datang di Agung Blogger

Sabtu, 13 Oktober 2012

Teori Pembentukan Bumi dan Kehidupannya

Proses pembentukan bumi secara geologi adalah sebagai berikut :

1. Zaman Arkaekum. Zaman ini berlangsung kira-kira 2.500 juta tahun. Kulit bumi masih sangat   panas sekali dan tidak ada tanda-tanda kehidupan.

2. Zaman Paleozoikum. Zaman ini berlangsung kira-kira 340 juta tahun. Pada zaman ini tanda-tanda kehidupan sudah ada, yaitu binatang-binatang kecil yang tidak bertulang belakang, ikan, amfibi, dan reptil. Zaman ini disebut juga zaman primer (Zaman pertama).

3. Zaman Mesozoikum. Zaman ini berlangsung kira-kira 140 juta tahun. Masa ini kehidupan semakin berkembang, kumlah jenis ikan, amfibi, dan reptil semakin banyak. Contoh reptil yang masih hidup pada masa ini adalah Dinosaurus dan berbagai jenis burung. Zaman ini disebut dengan zaman sekunder (Zaman kedua) dan zaman reptil.

4. Zaman Neozoikum. Zaman ini berlangsung kira-kira 60 juta tahun yang lalu, yang dibagi lagi atas dua zaman, yaitu zaman Tersier dan Kuarter.
   
     1) Zaman Tersier (Zaman ketiga). Pada masa ini hewan bertulang belakang yang termasuk jenis mamalia  (hewan menyusui) berkembang, sebaliknya jenis reptil raksasa mengalami kepunahan. Jenis hewan menyusui yang berkembang masa ini yaitu primata. Hewan jenis primata antara lain kukang, monyet, kera, dan kera-manusia.

     2) Zaman Kuarter (Zaman keempat), Zaman ini berlangsung kira-kira 600.000 tahun yang lalu, terdiri atas dua zaman yaitu zaman Plestosen (Dilivium) dan zaman Holosen (Alluvium). Pada zaman Plestosen ini suhu panas bumi tidak stabil. Jika suhu bumi sangat tinggi, maka es yang ada di permukaan bumi mencair sehingga air laut naik. Sebaliknya ketika suhu bumi turun tajam maka permukaan bumi dipenuhi es. Kondisi inilah yang memengaruhi perkembangan kehidupan dipermukaan bumi. Masa ini disebut zaman es. Zaman Plestosen mengalami beberapa fase, yaitu fase Plestosen awal, tengah, dan akhir. Zaman setelah zaman Plestosen berakhir ialah zaman Holosen. Zaman Holosen ini berlangsung kira-kira 20.000 tahun yang lalu dan berlangsung sampai sekarang ini. Manusia cerdas yang disebut sebagai Homo Sapiens mulai hidup pada masa ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar